Situasi pendaftaran calon anggota panwascam di Bawaslu Kabupaten Sangihe, Sabtu (24/9/2022). (Foto: Antara)
Antara

SANGIHE, iNews.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, mencatat satu kecamatan di kabupaten tersebut belum menerima berkas pendaftar calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) Pemilu 2024. Kecamatan tersebut yakni Tabukan Tengah.

"Sampai Sabtu (24/9/2022), satu kecamatan belum ada yang mendaftar sebagai calon Panwascam," kata Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti.

Junaidi Bawenti di Tahuna mengatakan sejak pendaftaran anggota panwascam dibuka pada Rabu (21/9), Kecamatan Tabukan Tengah belum menerima berkas pendaftar, sementara 14 kecamatan lain sudah.

Bawaslu Sangihe mencatat jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai anggota panwascam sebanyak 36 orang, yang terdiri atas 11 perempuan dan 25 laki-laki.

Tiga puluh enam pendaftar tersebut tersebar di 14 kecamatan, dengan rincian empat orang di Kecamatan Tatoareng, tiga orang di Kecamatan Tamako, dua orang di Kecamatan Manganitu, dua orang di Kecamatan Manganitu Selatan, dua orang di Kecamatan Tabukan Utara, seorang di Kecamatan Tabukan Selatan, dan dua orang di Kecamatan Tabukan Selatan Tengah.

Kemudian ada seorang pendaftar di Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, lima orang di Kecamatan Nusa Tabukan, dua orang di Kecamatan Marore, tiga orang di Kecamatan Tahuna Timur, dua orang di Kecamatan Tahuna, lima orang di Kecamatan Tahuna Barat, serta seorang di Kecamatan Kendahe.

Junaidi berharap setidaknya ada enam orang pelamar anggota panwascam di setiap kecamatan di Sangihe.

Masa pendaftaran sebagai anggota panwascam masih dibuka hingga Selasa (27/9) di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sangihe. Dia juga berharap masyarakat antusias dalam berpartisipasi mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024 dengan menjadi anggota panwascam.

"Ketika sampai hari Selasa (27/9) nanti masih ada kecamatan yang belum mencapai enam orang pelamar, maka waktu pendaftaran akan ditambah satu hari," ujarnya.

Dia mengajak warga masyarakat yang memenuhi syarat agar mendaftar sebagai calon anggota panwascam di Kabupaten Sangihe.

"Kami mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan umum dengan mendaftar anggota panwascam," ujar Junaidi.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT