Pertemuan pemerintah Kabupaten Sangihe dengan warga Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara dalam kegiatan Medaseng. (Foto: Antara)
Antara

SANGIHE, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, kembali melanjutkan kegiatan medaseng atau menjalankan tugas tinggal di desa atau dusun untuk waktu tertentu. Kegiatan tersebut sempat terhenti akibat Covid -19 pandemi.

“Kegiatan medaseng ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sangihe untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana di Tahuna, Minggu (24/4/2022).

Menurut bupati, kegiatan medaseng untuk April 2022 akan dilaksanakan di Kampung Basau, Kecamatan Tabukan Tenggara.

“Sejak Sabtu, 23 April hingga hari ini, Pemkab Sangihe sudah berada di Kampung Basau untuk melakukan kegiatan medaseng,” katanya.

Dikatakannya dalam Program Kerja Pemerintah Kabupaten Sangihe, kegiatan medaseng dilakukan setiap bulan secara bergantian di setiap desa.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh perangkat lokal tinggal di desa untuk memberikan pelayanan kepada warga di kecamatan tersebut.

Kegiatan tersebut meliputi penerbitan kartu penduduk, pelayanan kesehatan, pelayanan KB dan kegiatan lainnya dari seluruh organisasi daerah.

“Akibat pandemi Covid-19, kegiatan medaseng terhenti lebih dari dua tahun. Nanti akan dilaksanakan kembali,” kata bupati.

Kegiatan Medaseng tidak hanya dihadiri oleh jajaran pemerintah kabupaten tetapi juga dihadiri oleh forum koordinasi para pemimpin daerah.

“Kegiatan medaseng kali ini juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Dandim 1301 serta perwakilan dari Pangkalan TNI AL Tahuna,” ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat