Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi Danrem 133/NWB Brigjen TNI Amrin Ibrahim melakukan aksi tanam cabai di halaman Makorem. (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Komandan Resort Militer 133/ Nani Wartabone (Korem NWB) Brigjen TNI Amrin Ibrahim mengatakan mendukung Gerakan Batanam Rica Sandiri (Barisa) atau Gerakan Tanam Cabai Sendiri. Program tersebut diluncurkan Pemprov Gorontalo beberapa waktu lalu.

Dukungan itu ditandai dengan aksi tanam cabai oleh Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer didampingi Danrem 133/NWB di halaman Makorem, Rabu (14/9/2022).

Ia mengatakan sebanyak 625 bibit cabe dari Dinas Pangan Provinsi Gorontalo ditanam di lahan Korem tersebut, sebagai bentuk mengatasi inflasi daerah karena tingginya harga cabe.

Bibit tersebut berasal dari varietas Malita FM, dengan ketahanan iklim yang lebih baik dalam tiga warna cabe yakni hijau, ungu, hingga jingga.

Sementara itu, Hamka menyebut Gerakan Barisa merupakan upaya menekan inflasi di daerah.

Selain penyesuaian harga BBM yang memicu kenaikan harga, inflasi Gorontalo paling besar disumbang oleh cabai sebagai komoditi yang sering dikonsumsi warga.

“Kemarin saya lihat di TV harga cabai sudah Rp80.000 per kilo. Bayangkan orang Gorontalo makan cabai Rp80.000 ekuivalen dengan delapan kilogram beras. Jadi mudah-mudahan gerakan menanam cabe ini akan terus kita genjot,” kata Hamka.

Menurutnya Gorontalo cukup unik jika dibandingkan dengan daerah lain, karena cabai rawit menjadi komoditi pangan utama di setiap sajian kuliner daerah.

“Hampir semua masakan Gorontalo pakai cabe. Mau digoreng atau direbus, semua pakai cabai. Berbeda misalnya di Jawa yang cabainya dikeringkan supaya bisa disimpan,” katanya.

Ia berharap program Barisa bisa diikuti oleh instansi lain, minimal untuk memenuhi kebutuhan anggota dan keluarganya.

Bagi masyarakat umum, ia mengimbau untuk membuat kelompok beranggotakan minimal 10 orang agar mendapatkan bantuan bibit cabai rawit gratis.

Dinas pangan bekerja sama dengan dinas pertanian dan Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo sudah menyediakan 125.000 bibit cabai untuk disebar kepada warga Gorontalo.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT