Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo Bagus Kurniawan (kanan) berbincang dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di ruangan kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA di Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (7/7/2022). (Foto:
Antara

GORONTALO, iNews.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo kembali membuka layanan kunjungan tatap muka. Uji coba bagi pengunjung yang ingin bertemu dengan warga binaan pemasyarakatan dan tahanan dilakukan dengan waktu 15 menit.

"Kunjungan tatap muka secara terbatas ini diberikan oleh pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Bagus Kurniawan di Lapas, Kamis (7/7/2022).

Dia mengatakan setiap pengunjung diberikan waktu hingga 15 menit dan wajib membawa KTP, Kartu Keluarga dan sudah divaksin Covid-19 booster.

Bagus menjelaskan, selama dua tahun setengah kondisi pandemi Covid-19, pihaknya meniadakan kunjungan tatap muka secara langsung.

"Kemudian dengan kondisi Covid-19 yang mulai melandai dan mudah mudahan turun nanti kita mencoba untuk melakukan kunjungan tatap muka bagi warga binaan dengan kondisi tertentu dengan peraturan yang terbatas," ucapnya.

Sementara itu Kalapas Gorontalo Indra S Mokoagow menguraikan bahwa beberapa persyaratan yang dimuat dalam surat edaran tersebut yaitu pengunjung harus keluarga inti dari warga binaan yang bersangkutan.

Warga binaan hanya bisa dikunjungi satu kali dalam satu minggu, pengunjung telah divaksinasi dosis ketiga atau booster yang dibuktikan dengan memperlihatkan sertifikat vaksin yang dimiliki.

Selanjutnya bagi pengunjung yang belum divaksin dosis ke-3 dapat menggantinya dengan surat keterangan negatif rapid antigen pada hari kunjungan, dan jika alasan kesehatan, dapat melampirkan surat keterangan dari petugas kesehatan serta persyaratan lainnya.

"Kami tetap melakukan cek dan ricek setiap aktivitas dan tetap mengedepankan standar protokol keamanan serta kesehatan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga pelaksanaan layanan kunjungan dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT