General Manager Novotel Manado Golf Resort & Convention Center Bilal Chamsine bersama dengan tim mengumpulkan sampah di muara sungai di Manado, Sabtu (28/5/2022). (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan agar masyarakat lebih peduli lingkungan guna mendorong sektor pariwisata di daerah tersebut. Kemajuan pariwisata akan memantik sektor lain bangkit.

Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata Dino Gobel di Manado mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi utara dalam kepemimpinan Bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengapresiasi semua kegiatan yang dilakukan pihak swasta untuk mendorong sektor pariwisata yang ada.

"Apalagi kegiatan yang berdampak terhadap kebersihan, terutama relevansinya adalah saat ini kita sudah memasuki era endemi pasca pandemi dan pariwisata Sulut sudah mulai bangkit dan semakin berkembang," kata Dino, Sabtu (28/5/2022).

Dino menjelaskan ketika para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik datang ke Manado tentu dengan harapan first impression-nya yakni kebersihan.

Dan, dia mengatakan apa yang dilakukan Accor hotels di Manado saat ini tentu sangat menunjang pariwisata Sulawesi utara, karena pola pariwisata dalam era endemic ini adalah Wisata sehat, Wisata bersih.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WITA tersebut menjadi bukti nyata kepedulian Accor hotels di Manado terhadap lingkungan dan pariwisata Sulut. Diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat luas untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan tersebut di dukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, dan Kelurahan Sario Utara.

Dalam rangka memperingati earth day yang merupakan perayaan tahunan global, Accor Hotels di Wilayah Manado yakni Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Mercure Manado Tateli Resort and Convention, dan Ibis Manado City Center Boulevard, menggelar aksi bersih-bersih di lokasi muara sungai Sario.

General Manager Novotel Manado Golf Resort & Convention Center Bilal Chamsine mengatakan, pihaknya memilih tempat ini, karena Kota Manado terkenal dengan keindahan lautnya.

Dia menjelaskan saat ini Accor hotels mengampanyekan #AccorEarthDay #NoMorePlasticHere, tentu kegiatan ini merupakan langkah dari Accor Hotels yang berada di Kota Manado untuk mengadakan aksi bersih-bersih ini, dan untuk mengajak seluruh individu, komunitas, praktisi bisnis, pemerintah dan semua orang untuk bertanggung jawab, dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

Juga, katanya, menjaga kebersihan laut yang ada di Kota Manado demi kelanjutan hidup terhadap bumi yang ditinggali bersama, karena Bumi adalah milik bersama, mari jaga bumi bersih dan hijau.

"Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dapat dimulai dengan hal kecil seperti tidak membuang sampah plastik dan sampah lainnya yang tidak bisa terurai di laut dan di sungai," ujar General Manager Ibis Manado City Center Boulevard, Rispugi Listanto.

General Manager Mercure Manado Tateli Resort and Convention Sigit Budiarso menambahkan salah satu program dari Accor Hotels adalah tidak lagi menggunakan single use plastic (plastik sekali pakai).

"Kita punya keinginan untuk mengurangi sampah plastik, jadi kita coba untuk meminimalisir penggunaan sekali pakai dan mulai menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan,” katanya.

Saat ini Kota Manado merupakan salah satu entry point visa on arrival, korelasi dengan promosi dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulut yaitu untuk memajukan destinasi pariwisata di Sulut, dan salah satu cara yang Accor Hotels di Manado lakukan yaitu berpartisipasi untuk membersihkan area-area tertentu yang menjadi ikon dari Kota Manado, hal ini menjadi alasan utama dalam kegiatan hari ini," tambahnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT