Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu terkait pelaksanaan Festival Saronde dan Mohinggito. (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara sementara merancang iven pariwisata untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara lebih luas ke daerah itu. Salah satunya akaj menggelar Festival Mohinggito.

"Kita menyiapkan iven pendamping (side event) selain Festival Saronde jika pulau itu akan dikelola dalam skema private destination. Seperti mempersiapkan Festival Mohinggito yang akan lebih terbuka untuk umum," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Sabtu (11/6/2022).

Mengingat di Pulau Saronde telah ada sesuatu yang baru. Yaitu vila-vila berstandar internasional sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri.

Pasarnya tentu untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kita berharap pasca pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan ke daerah ini akan meningkat tajam dengan pengelolaan destinasi wisata yang lebih baru, tertata dan khas," katanya.

Olehnya pengelolaan destinasi wisata akan dioptimalkan dalam upaya membuka sumber pendapatan baru bagi daerah.

Serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Ia mengatakan, Festival Saronde yang telah memiliki nama di tingkat nasional diharapkan terus harum.

Disamping upaya pemkab merancang pelaksanaan Festival Mohinggito yaitu pulau yang berada dekat dengan Pulau Saronde.

"Kami sementara merancang iven Festival Mohinggito yang akan lebih terbuka untuk umum. Sehingga jika Pulau Saronde dikunci maka telah ada alternatif lain untuk dikunjungi," katanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT