Profil Biodata IU. (Foto: Soompi)
Rina Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Penyanyi dan aktris asal Korea Selatan yang terkenal berkat sederet album dan serial drama yang dibintanginya ini kian melejit. Para penggemarnya tentu penasaran dengan sosok IU yang memiliki nama asli Lee Ji Eun. 

Berikut profil biodata IU, aktris Korea Selatan berbadan mungil yang sukses sebagai penyanyi hingga mencetak lima album berperingkat satu dan 29 single nomor satu di tangga lagu musik Korea.

Profil Biodata IU 
Nama lahir: Lee Ji Eun (이지은)
Nama panggung: IU (아이유)
Tempat lahir: Seoul, Korea Selatan
Tanggal lahir: 16 Mei 1993
Zodiak: Taurus
Tinggi badan: 162 cm
Berat badan: 47 kg
GolongInstagram: @dlwlrma
Nama fandom: Uaena
Golongan darah: A

Fakta tentang IU 

IU memiliki adik laki-laki. Dia bersekolah di Sekolah Menengah Wanita Dongduk. Ketika IU masih kecil, keluarganya tinggal di sebuah rumah sederhana dengan satu kamar tidur kecil. Kini telah sukses berkarier di industri hiburan Korea, IU sebelumnya sempat gagal audisi di JYP, namun dia berhasil lolos ke Loen Entertaiment. 

IU dikenal sangat baik kepada penggemarnya. Seorang siswa penggemar yang melihat IU di sebuah restoran mengatakan dia dengan senang hati memberinya tanda tangan. Tak hanya itu, IU juga menyemangati agar penggemarnya menjaga kesehatan dan belajar keras.

Profil biodata IU, diketahui dia merupakan penggemar grup K-Pop yakni GFriend. Suatu ketika IU mengatakan sebelumnya ingin membuat comeback di waktu yang sama dengan GFriend sehingga mereka dapat melakukan promosi bersama. 

IU juga dikenal sebagai aktris yang suka bergaul dengan sesame selebriti. Dia berteman baik dengan Suzy dan Jiyeon dari T-ara. Bahkan IU juga berteman baik dengan aktris Yoo In Na, mereka tinggal di kompleks apartemen yang sama. 

Profil biodata IU, dia merupakan sosok yang suka membaca buku, mendengarkan musik, dan menjelajah internet. IU sempat bilang ingin agar hidungnya dioperasi, tapi dokter melarangnya melakukan itu karena hidungnya sangat rendah.

IU mengaku lebih nyaman saat sendirian dan pusing saat berada di tempat ramai. Dia memiliki banyak penggemar ahjusshi (Penggemar pria yang lebih tua). Warna favoritnya adalah Ungu. Adapun makanan favoritnya adalah ikan mentah dan ubi jalar. Namun IU juga suka makan hati mentah. Nomor favoritnya adalah 8. Artis pemeran di Hotel Del Luna ini suka cuaca yang sejuk.

Perjalanan Karier Menyanyi IU 

IU merupakan salah satu penyanyi asal Korea Selatan yang langganan menerima penghargaan. Sejak 2008 debut perdananya sebagai penyanyi dan single pertamanya Lost Child sempat mendapatkan penghargaan “Rookie of the Month” dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea. 

Di tahun 2012 IU sempat merilis video promosi "Good Day" versi Jepang Album yang terdiri dari rekaman DVD. IU juga sempat mengadakan tur solo pertamanya, "Real Fantasy" dan dia mengadakan pertunjukan di enam kota berbeda di seluruh Korea Selatan termasuk Seoul dan Busan.  

Di tahun 2014, IU sempat mengadakan live showcase di Tokyo's Bunkamura Orchard Hall. Langkahnya tersebut membuatnya tercatat sebagai penyanyi Korea termuda yang pernah tampil di sana.

Berbagai penghargaan dia raih sejak 2008 berkarier, termasuk di penghargaan Korean Music Awards, Mnet Asian Music Awards. Bahkan IU sempat menang di Nickelodeon Korea Kids' Choice Awards untuk kategori Favorite Female Singer.

Di masa pandemi IU tetap berkarya, pada 6 Mei 2020 IU sempat merilis single "Eight" yang menampilkan dan diproduksi oleh Suga dari BTS. 

Perjalanan Karier Akting

Setidaknya IU sempat tampil dalam berbagai serial drama Korea, tercatat 8 serial drama. Meski mulanya dikenal sebagai penyanyi, namun aktingnya di berbagai judul tetap diancungi jempol. Di akhir tahun 2010, IU berperan sebagai ‘Kim Pil Sook’ dalam Drama Series di KBS2 TV Dream High.

Selanjutnya IU juga berakting lagi di serial You're The Best (2013), Bel Ami (2013), The Producers (2015), Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016), My Mister (2018), Persona (2019), dan Hotel Del Luna (2019). 

Kehidupan Asmara IU

Dalam kehidupan asmara, IU sempat dikabarkan berkencan dengan Eunhyuk Super Junior. Pada 10 November 2012, sebuah gambar misterius diunggah di Twitter IU. Dalam gambar itu IU mengenakan piyama dan Eunhyuk bertelanjang dada. Namun foto itu dihapus tak lama kemudian.

IU juga dikabarkan dekat dengan Chang Kiha dan pertama kali bertemu pada tahun 2013. Mereka mulai berkencan selama 4 tahun tetapi secara resmi putus pada Januari 2017.

Namun mereka sempat dikabarkan putus dan kembali bersama untuk sementara waktu, hingga akhirnya benar-benar putus. Pasangan mantan kekasih ini memiliki perbedaan usia 11 tahun.

Dalam sebuah wawancara IU sempat memeberikan penyataan yang menjawab rasa penasaran para penggemarnya.

“Sama seperti orang lain, setiap kali orang keren muncul di TV, tipe pria ideal saya berubah.” Ujar IU yang sebelumnya sempat mengatakan Taeyang sebagai pria idamannya. 


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT