Sekretaris dinas PMDD Kabupaten Kepulauan Sangihe, VDJ Kekung. (Foto: Antara)
Antara

SANGIHE, iNews.id - Kepala Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (PMDD) Kepulauan Sangihe Jon Benyamin mengatakan, dari 145 desa di daerah itu sudah 142 kampung yang cairkan dana APBN tahap satu. Dana tahap satu yang sudah dicairkan sebanyak Rp22 miliar dari total dana Rp100 miliar.

"Sampai saat ini sudah 142 kampung yang melakukan pencairan dana desa dari APBN untuk tahap satu sedangkan tiga desa masih berproses," kata Jon Benyamin di Tahuna, Minggu (1/5/2022).

Menurut dia, tiga kampung yang belum mencairkan dana tahap satu adalah Mahengetang Kecamatan Tatoareng, Kampung Mandoi Kecamatan Tabukan Selatan dan Ulung Peliang Kecamatan Tamako.

Sekretaris dinas PMDD Sangihe, Vonly Dj Kekung mengatakan, dana desa tahap satu sudah termasuk anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"BLT untuk tahap pertama bulan Januari sampai dengan Maret 2022 bagi 11.353 keluarga penerima manfaat di Sangihe sebesar Rp10 miliar," kata dia

Dia berharap, kampung yang belum menerima dana tahap satu segera melengkapi dokumen dan memproses ketika libur selesai.

"Kami berharap setelah selesai libur bersama, semua dana desa tahap satu sudah dicairkan," katanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT