Kapal perintis yang berada di Pelabuhan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Provinsi Gorontalo berhasil meraih penghargaan katalisator tumbuhnya trayek kapal penumpang komersial tahun 2022 dari Kementerian Perhubungan. Kemenhub mengapresiasi komitmen dan dukungan Pemprov Gorontalo dalam melakukan koordinasi dan memfasilitasi layanan angkutan laut perintis.

"Termasuk juga upaya untuk meningkatkan keterisian muatan kapal, melalui kerja sama dengan pemerintah daerah lain seperti Sulut, Ternate, dan Tarakan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro, Selasa (30/8/2022).

Seperti diketahui, penghargaan tersebut telah diserahkan dalam rangkaian Perintis Awards Kemenhub 2022, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kapal Perintis dan Rere di Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/8).

Penghargaan diberikan secara formal oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting, kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro.

Pemprov Gorontalo memiliki empat lintasan trayek angkutan perintis diantaranya Gorontalo - Luwuk Banggai - Bacan - Ternate, serta jalur Gorontalo - Bunta - Bobong - Tikong.

Ada juga rute Tilamuta - Boalemo (Sulteng) - Raha - Makassar, serta Kwandang - Leok/Palele - Toli Toli - Tarakan - Nunukan - Sebatik.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menilai terhubungnya akses laut dari dan ke Gorontalo sebagai hal penting untuk menggerakkan ekonomi daerah.

Menurutnya, tol laut tidak hanya memudahkan perpindahan orang dan barang, tetapi juga akses pengiriman ternak dari dan ke Gorontalo dengan harga subsidi.

“Kami sudah menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Kota Tarakan untuk pengiriman ternak dari Gorontalo, dengan memanfaatkan keberadaan kapal perintis dan kapal khusus ternak. Ini tentu saja sebuah langkah maju kedua daerah,” kata Hamka.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT