Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Sangihe, Johanis Pilat.(Foto: Antara)
Antara

SANGIHE, iNews.id - Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Johanis Pilat meminta warga di setiap kampung yang ada di daerah itu agar ikut terlibat dalam pengawasan pelaksanaan anggaran dana desa. Anggaran dana desa harus diawasi agar penggunaan sesuai program.

"Kami sangat mengharapkan peran masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan penggunaan dana desa," kata Johanis Pilat di Tahuna, Selasa (28/6/2022).

Menurut dia, pengawasan dari masyarakat sangat diperlukan agar dana desa dapat dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya.

"Pelaksanaan anggaran dana desa harus diawasi dengan baik oleh masyarakat yang ada di desa agar dimanfaatkan sesuai dengan hasil kesepakatan bersama," kata dia.

Selain pengawasan dari masyarakat, jajaran pemerintah di kecamatan dan kabupaten juga harus berperan dalam melakukan pengawasan.

"Kami mendorong peran pengawasan baik dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan dari kampung itu sendiri agar dana desa digunakan dengan baik," kata dia.

Selain mendorong peran pengawasan juga diharapkan keterbukaan informasi di masing-masing kampung.

"Organisasi perangkat daerah dan kecamatan dipandang sangat perlu dalam melaksanakan pendampingan teknis penyelenggaraan pemerintahan kampung dipandang perlu," kata dia.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT