40 Peserta Pelatihan Pertolongan di Air Basarnas Manado Antusias Ikuti Kegiatan

Cahya Sumirat · Minggu, 23 Mei 2021 - 08:56:00 WITA
40 Peserta Pelatihan Pertolongan di Air Basarnas Manado Antusias Ikuti Kegiatan
Peserta saat menerima materi cara-cara evakuasi korban di laut.(Foto: Dok SAR).

SANGHE, iNews.id  - Peserta pelatihan pertolongan di air yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) antusias ikut kegiatan. Pelatihan water rescue di pantai Desa Naha itu diikuti 40 peserta. 

Berbagai elemen masyarakat seperti TNI, Polisi, BPBD, Pol PP, Damkar, Dinas Pariwisata, Agen Kapal, Mapala dan masyarakat setempat  mengikuti semua kegiatan hingga penutupan.

Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga menjelaskan dalam pelatihan tersebut semua peserta diajarkan simulasi cara-cara penanganan dan evakuasi korban kecelakaan di laut.

"Semua peserta yang terlibat dalam simulasi mampu memahami peran masing-masing," katanya saat menutup pelatihan, Sabtu (22/5/2021).

Selama kegiatan yang digelar dari 18-22 Mei 2021, seluruh peserta pelatihan water rescue telah mengikuti serangkaian kegiatan dari materi di kelas sampai lapangan.

Ia berharap dengan berakhirnya pelatihan setiap peserta bisa mengaplikasikannya dan menjadi perpanjangan tangan dari Basarnas untuk penanganan kecelakaan atau musibah di laut.

"Pelatihan ini tidak sampai di sini saja, tetapi ada berjenjang, sehingga masyarakat yang terlibat bisa memahami bahayanya musibah bagi diri sendiri dan orang lain pada saat melaut," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2