6 Ranperda Ini Diusulkan Pemkab Bone Bolango ke DPRD

Antara · Rabu, 18 Mei 2022 - 16:19:00 WITA
6 Ranperda Ini Diusulkan Pemkab Bone Bolango ke DPRD
Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli (kiri) menyerahkan usulan rancangan peraturan daerah ke DPRD Kabupaten Bone Bolango di Gedung Utama Sidang DPRD Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa (17/5/2022). (Foto: Antara/HO-Diskominfo)

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bersama DPRD setempat melakukan pembicaraan enam rancangan peraturan daerah (ranperda) di DPRD Kabupaten Bone Bolango. Ranperda tersebut terkait dengan pelayanan pemerintahan.

Enam ranperda tersebut, yakni mengenai pajak dan retribusi daerah, bangunan gedung, penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, pemberian insentif kemudahan masyarakat dan/atau investor, penyelenggaraan cagar budaya, dan badan usaha milik desa.

Usai kegiatan itu, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menyebutkan keenam ranperda yang diusulkan merupakan kebutuhan pemerintah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. Dalam hal ini, pemkab dan DPRD setempat akan menelaah dan membahas bersama dengan serius ranperda tersebut.

Merlan berharap satuan kerja terkait untuk mempelajari enam ranperda ini yang pembahasannya bersama DPRD.

Wabup mengatakan bahwa Ranperda Pajak dan Retribusi serta Ranperda Bangunan Gedung sudah ada sebelumnya. Namun, perlu ada penyesuaian dengan regulasi yang nantinya sebagai dokumen pendukung untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Sangat diharapkan dapat ditetapkan menjadi perda agar menjawab PR penagihan retribusi di Pantai Botutonuo," ujarnya, Selasa (17/5/2022).

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: