Air Laut Wilayah Pesisir Sulut Naik, Warga Diminta Tetap Waspada

Antara, Cahya Sumirat ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 22:26:00 WITA
Air Laut Wilayah Pesisir Sulut Naik, Warga Diminta Tetap Waspada
Tangkapan layar pantai kawasan mal di wilayah Kota Manado. (Foto: Ist. )

MANADO, iNews.id - Air laut di beberapa daerah pesisir di Sulawesi Utara (Sulut) mulai naik (rob). Di Kota Manado air naik ini terlihat di kawasan mal sepanjang Boulevard.

Air laut naik akibat ombak tinggi juga dilaporkan terjadi di beberapa daerah di Bolmong dan Sangihe. BPBD Kabupaten Sangihe menyebutkan sedang terjadi gelombang tinggi sehingga perlu diwaspadai oleh semua nelayan.

"Saat ini juga telah terjadi rob di sebagian kampung di wilayah pesisir sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wandu Labesi, Selasa (7/12/2021).

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir (Rob) di beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut). Banjir pesisir tersebut akan terjadi mulai Senin (6/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021).

"Pada tanggal 6-9 Desember 2021 merupakan fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) dan peningkatan gelombang laut berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan," kata Kepala BMKG Maritim Bitung 
Andi Cahyadi, Senin (6/12/2021).

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: