Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Spesialis HP di Manado Ditangkap Tim Maleo

Subhan Sabu ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 06:39:00 WITA
Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Spesialis HP di Manado Ditangkap Tim Maleo
Tangkapan layar aksi pelaku pencurian ponsel di Manado yang terekam CCTV. (Foto: Okezone/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Tim Khusus Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) menangkap seorang pelaku pencurian barang elektronik (Curanik). Pelaku berinisial ID alias Irland (24) diamankan dalam rumahnya di Kelurahan Bitung Karangria, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sabtu (8/8/2020) pukul 18.30 Wita.

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan dari Susiana Mokodompit (22) yang kehilangan dua buah handphone (HP) di dalam kamar kosnya pada 12 Juli silam

"Pelapor tebangun dari tidur dan melihat pintu kamar kost sudah terbuka. Saat dicek, kedua HP miliknya di atas meja sudah hilang," ujar Katimsus Maleo Polda Sulut Kompol Prevly Tampanguma, Sabtu (8/8/2020).

Aksi pelaku tersebut sempat terekam CCTV. Hasil penyelidikan, pelaku merupakan spesialis pencurian HP di tempat kos. Tak hanya di Manado, dia juga beraksi di beberapa wilayah lain di Sulut.

"TKP-nya ada beberapa. Di Manado, Amurang, Tondano, Tomohon, Maumbi hingga Bitung," katanya.

Menurutnya, pelaku ID ditangkap dalam rumahnya beserta barang bukti. Hasil interogasi, seluruh HP curian dia jual di Pasar 45.

"Ada 13 ponsel yang dicuri. Delapan sudah diamankan sedangkan lima lainya masih belum ditemukan, kemungkinan sudah dijual. Pelaku sudah kami serahkan ke Polsek Tuminting untuk proses hukum," kata Prevly.

Editor : Donald Karouw