Antisipasi Dampak Siklon Tropis di Gorontalo, Tim Gabungan Disiagakan 

Antara · Jumat, 16 April 2021 - 17:02:00 WITA
Antisipasi Dampak Siklon Tropis di Gorontalo, Tim Gabungan Disiagakan 
Sejumlah personil kepolisian dan Basarnas mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka antisipasi bencana alam siklon tropis 94W di Polda Gorontalo.(Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis 94W di samudera pasifik dari timur laut Papua. Tim gabungan dari Polri, TNI, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Pemda, dan Damkar disiagakan guna mengantisipasi dampak siklon tropis 94W.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus usai apel gelar pasukan mengatakan jika tim gabungan siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya potensi siklon tropis 94W secara terpadu.

"BMKG telah mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis 94W di samudera pasifik dari timur laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam waktu seminggu ke depan," ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Kapolda menjelaskan jika bibit siklon tropis tersebut mempengaruhi wilayah bagian utara Indonesia, khususnya daerah timur seperti Sulawesi termasuk Gorontalo, kepulauan Maluku, Papua Barat, Papua serta beberapa daerah lainnya.

"Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan potensi hujan lebat hingga sangat lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi yang diperkirakan terjadi pada tanggal 13 hingga 19 April 2021," ucapnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: