Awalnya Jualan Minyak Tanah Eceran lalu Punya Puluhan SPBU, Pengusaha Ini Dikenal Dermawan

Viola Triamanda ยท Minggu, 11 September 2022 - 16:41:00 WITA
Awalnya Jualan Minyak Tanah Eceran lalu Punya Puluhan SPBU, Pengusaha Ini Dikenal Dermawan
Kisah sukses pengusaha SPBU yang dermawan, awalnya jual minyak tanah eceran. Foto: IG SPBU Al-Ma'soem

Kebaikan yang dia berikan dibalas Tuhan, warungnya semakin ramai hingga yang biasanya hanya membeli 20 liter per hari, semakin lama semakin bertambah. Dia bahkan bisa membeli minyah tanah dari agen besar di Cikudapateuh, Bandung sebanyak 200 liter.

Keberhasilan Ma'soem menjual minyak tanah memikat hati Mr. De Buy, Kepala BPM (Bataafsche Petroleum Mastschappij), sebuah perusahaan minyak milik Belanda yang didirikan sejak kolonial dulu, yang kemudian dinasionalisasi oleh pemerintah RI dan berubah nama menjadi Permina atau Perusahaan Minyak Nasional, lalu berubah lagi menjadi Pertamina atau Perusahaan Tambang dan Minyak Nasional.

Ma'soem kemudian diangkat oleh Mr. De Buy menjadi agen minyak tanah, membawahi daerah Cileunyi, Rancaekek, Cicalengka, dan Sumedang. Sejak itu, usaha Ma’soem maju pesat dan berkembang di seluruh Kota Bandung dan sekitarnya. 

Dari agen minyak tanah, pada 1960-an, dia berekspansi ke bisnis SPBU. Dia memiliki banyak SPBU. Tercatat jumlah SPBU Al Ma'soem tercatat sebanyak 38 yang tersebar di Jawa Barat.

Editor : Cahya Sumirat

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: