Badai Siklon Tropis Surigae, TNI AL Evakuasi Nelayan Terombang-ambing di Perairan Sangihe 

Antara · Rabu, 21 April 2021 - 03:20:00 WITA
Badai Siklon Tropis Surigae, TNI AL Evakuasi Nelayan Terombang-ambing di Perairan Sangihe 
Personel TNI AL mengevakuasi nelayan yang terdampak badai siklon tropis Surigae, Senin (19/4/2021). (Foto: Antara/ Dok. Dispen Lantamal VIII).

MANADO, iNews.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII melalui Lanal Tahuna dan Lanal Melonguane mengevakuasi nelayan yang terdampak badai siklon tropis Surigae, Senin (19/4/2021). Sebelumnya Lanal Tahuna menerima informasi tentang adanya satu orang penjaga rakit yang terombang-ambing di sekitar perairan Sangihe pada koordinat 3°32'07.8" N - 125°11'52.1"E.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan search and rescue (SAR). Hasil koordinasi dengan unsur SAR, yakni Basarnas, syahbandar dan Polair ditentukan warga tersebut akan dievakuasi menggunakan kapal yang mampu berlayar pada gelombang tiga meter yaitu Kapal Perintis Kannon Moon.

"Selang beberapa saat kemudian, warga yang bernama Indra Saibulan umur 20 tahun, warga Desa Mohongsawang berhasil dievakuasi dengan selamat dan selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan di Balai Kesehatan Lanal Tahuna serta diserahkan kepada pihak keluarga dalam keadaan sehat," ujar Samuel, Selasa (21/4/2021).

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2