Bangun Fasilitas Pendukung, Investasi di Pulau Saronde Gorontalo Utara Capai Rp16 Miliar 

Antara · Selasa, 14 Juni 2022 - 08:06:00 WITA
Bangun Fasilitas Pendukung, Investasi di Pulau Saronde Gorontalo Utara Capai Rp16 Miliar 
Pengelolaan Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara yang telah dikerja samakan dengan pihak investor asal Jerman. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Nilai investasi di Pulau Saronde Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mencapai Rp16 miliar. Investasi sebesar itu pergunakan untuk pembangunan fasilitas pendukung di pulau pasir putih tersebut.

"Pihak rekanan atau investor menyampaikan rencana pembangunan di pulau tersebut akan menelan anggaran kurang lebih Rp16 miliar. Untuk membangun fasilitas pendukung seperti vila, restoran, spa dan lainnya," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Gorontalo Utara, Marzuki Tome di Gorontalo, Senin (13/6/2022).

Ia mengatakan hingga saat ini belum ada nilai yang mengalir ke kas daerah terkait kerja sama tersebut.

"Tidak ada syarat dalam bentuk rupiah dalam kerja sama tersebut. Namun dalam memilih rekanan pengelola Pulau Saronde, pemerintah kabupaten melakukan pemeriksaan dokumen dengan detail. Termasuk memeriksa finansial dan kepemilikan aset sebagai dasar bahwa pengelola memiliki kemampuan sebagai investor," katanya.

Kerja sama tersebut juga memberlakukan sistem bagi hasil yaitu 80 persen untuk pengelola dan 20 persen untuk daerah ini.

Ditambah pajak progresif yang kemungkinan per tahun atau per tiga tahun mengalami peningkatan 2 persen. Serta pemotongan untuk retribusi yang akan masuk ke kas daerah.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: