Basarnas Manado Latih Masyarakat Tahuna Water Rescue

Cahya Sumirat · Selasa, 18 Mei 2021 - 15:07:00 WITA
Basarnas Manado Latih Masyarakat Tahuna Water Rescue
Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, Suhri Noster Norbertus Sinaga bersama Sekda Melanchton Harry Wolff.(Foto: Dok. SAR)

TAHUNA, iNews.id - Basarnas Manado melatih masyarakat Tahuna cara menolong korban hingga bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri di air terutama pada saat melaut. Pelatihan  water rescue ini digelar karena masih tingginya angka kecelakaan di perairan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya para nelayan saat melaut. 

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, Suhri Noster Norbertus Sinaga mengatakan pelatihan water rescue ini akan berlangsung selama lima hari. 

“Pelatihan ini dilaksanakan dua hari materi kelas dan tiga hari materi lapangan,” kata Sinaga di lokasi pelatihan Hotel Nasional, Selasa (18/5/2021).

Dijelaskan Sinaga, sebelum pelaksanaan pembukaan seluruh tim yang terlibat di pelatihan baik peserta maupun panitia menjalani rapid Antigen untuk memastikan seluruh yang terlibat terbebas dari penyakit Covid-19.

“Banyak aspek kenapa pelatihan ini dilaksanakan di Tahuna. Salah satunya, mengingat luasnya lautan di Tahuna dan sekitarnya dan dekat dengan negara tetangga,” katanya.

Selain itu kata Suhri, pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan koordinasi sesama instansi dan kesadaran masyarakat setempat untuk keselamatan diri sendiri pada saat melaut bisa terjalin dengan baik dan bisa mengantisipasi korban jiwa.

Pelatihan water rescue dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Melanchton Harry Wolff.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2