Bea Cukai-BI Sinergi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sulut

Antara · Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:22:00 WITA
Bea Cukai-BI Sinergi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sulut
Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) Erwin Situmorang, saat mengunjungi Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah Sulawesi Utara (Sulut). Utamanya pengembangan industri berorientasi ekspor.

"Kami akan terus membangun sinergi dan mengembangkan ekonomi daerah terutama pengembangan industri yang berorientasi ekspor," kata Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) Erwin Situmorang, di Manado, Rabu (13/10/2021).

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak membahas tentang pengembangan ekonomi daerah melalui peningkatan kinerja ekspor Sulawesi Utara.

"Serta upaya menaikkan daya saing produk dalam negeri, membuka kesempatan produk lokal untuk merambah pasar internasional dan pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Upaya Bea Cukai dalam pengembangan ekonomi daerah Sulut adalah terwujudnya direct call ekspor udara melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi ke Singapura dan Jepang dengan komoditas utama ikan tuna.

Direct call ekspor adalah kegiatan ekspor yang dilakukan secara langsung tanpa transit di daerah lain.

Sebelumnya ekspor melalui udara dari Manado menuju Jepang dan Singapura melalui Jakarta terlebih dahulu yang menyebabkan biaya tinggi.

Sampai dengan saat ini, ekspor langsung udara dari Manado menuju Jepang mencapai tonase 323.468,02 Kg dengan devisa yang diperoleh mencapai 2.400.327,19 dolar AS.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: