Beli Bocah Dijadikan Pengemis Jalanan, Mafia Perdagangan Manusia Datangi Negara Ini

Umaya Khusniah · Kamis, 16 Juni 2022 - 16:48:00 WITA
Beli Bocah Dijadikan Pengemis Jalanan, Mafia Perdagangan Manusia Datangi Negara Ini
Mafia perdagangan manusia sengaja membeli anak-anak dari beberapa orang tua miskin di Uganda. (Foto: Reuters)

KAMPALA, iNews.id -  Nasib bocah-bocah malang di Uganda ini sungguh menyedihkan. Mereka dibeli oleh mafia perdagangan manusia dari beberapa orang tua miskin di negara tersebut untuk dijadikan pengemis jalanan. 

Para pejabat pemerintah mengatakan, para penyelundup manusia datang ke wilayah Karamoja untuk membeli anak-anak dari orang tua miskin. Hal itu seperti mendapat dukungan dari kemiskinan yang mencekik warga di wilayah tersebut.

Meskipun memiliki cadangan emas dan uranium yang kaya di bawah tanah, wilayah Karamoja di timur laut Uganda berada di bawah kemiskinan ekstrem. Banyak orang tua menjual anak-anak mereka kepada mafia. 

“Mereka membayar uang orang tua yang mau menjual anaknya dan kemudian mengambil anak-anak itu,” kata seorang petugas keamanan di Karamoja, Yusuf Tuke.

Petugas komunikasi sebuah LSM, Save the Street Children Uganda, Delilah Aisu mengatakan, organisasinya telah mengumpulkan 1.000 anak-anak dari jalanan Kampala dan kota-kota lain. Mereka telah dijual oleh orang tuanya. 

“Mengerikan, ada orang tua yang menjual anaknya sehingga terbiasa mengemis,” katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: