Berusaha Kabur saat Ditangkap di Kos, Pelaku Curanmor di Kotamobagu Ditembak Polisi

Arther Loupatty ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 18:34 WIB
Berusaha Kabur saat Ditangkap di Kos, Pelaku Curanmor di Kotamobagu Ditembak Polisi
Tim Maleo dan Tim Resmob Polres Kotamobagu menangkap pelaku curas di indekos, kawasan Malalayang, Kota Manado, Sabtu (4/7/2020). (Foto : iNews.id/Tim Maleo)

MANADO, iNews.id - Tim Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) menangkap seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dan bersenjata tajam (sajam) yang sering beraksi di Kota Kotamobagu. Namun, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha kabur saat ditangkap di indekosnya, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sabtu (4/7/2020).

Komandan Tim Maleo Kompol Prevly Tampanguma mengatakan, pelaku berinisial ZM (27) sudah lima kali menjalankan aksi pencurian di Kotamobagu. Modus pelaku berpura-pura menjadi pembeli. Saat melihat penjual lengah, pelaku langsung menjalankan aksinya dan memakai sajam jika penjual melawan.

"Pelaku sudah ditangkap Tim Maleo bersama Resmob Polres Kotamobagu. Pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melarikan diri," kata Prevly.

Prevly mengatakan, kejadian pencuriaan dengan kekerasan dan sajam ini diketahui Tim Maleo karena sudah tiga korban yang melaporkan pencurian ke polisi. Tim Maleo dan Tim Resmob Polres Kotamobagu kemudian berkoordinasi untuk melakukan penyidikan dan mencari keberadaan pelaku ZM.

Setelah melakukan penyidikan dan mendapat informasi keberadaan pelaku, Tim Maleo dan Tim Resmob Polres Kotamobagu langsung menuju indekos pelaku di Jalan Sea, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Saat pelaku masih berada di indekos, Tim Maleo yang dipimpin Iptu Fadhly langsung menangkap pelaku di kamar. Namun, pelaku ternyata mengetahui keberadaan polisi dan mencoba melarikan diri. Rencananya diketahui polisi yang langsung melumpuhkan pelaku dengan timah panas di kedua kaki.

"Saat akan ditangkap, pelaku mencoba melarikan diri dan langsung dihadiahi timah panas oleh Tim Maleo. Pelaku dan barang bukti senjata tajam langsung dibawa ke Polres Kotamobagu untuk penyidikan lebih lanjut dan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujar Prevly.


Editor : Arther Loupaty