BMKG: Sebagian Kota Besar Diprakirakan Hujan Termasuk Manado dan Gorontalo

Antara ยท Minggu, 21 Agustus 2022 - 10:18:00 WITA
BMKG: Sebagian Kota Besar Diprakirakan Hujan Termasuk Manado dan Gorontalo
Ilustrasi - Pengendara menerobos hujan saat melintasi jalan protokol Palembang. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar Indonesia diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas beragam. Begitu pula untuk Manado dan Gorontalo.

Menurut informasi di infoBMKG dipantau secara daring di Jakarta, terpantau adanya pusaran angin atau sirkulasi siklonik yang berada di Samudra Hindia, barat Sumatera Barat yang membentuk daerah konvergensi atau pertemuan angin Samudra Hindia Barat Lampung hingga Sumatera Barat.

Pulau Sulawesi, kondisi cuaca umumnya berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Kota Manado dan kota Kendari umumnya kondisi cuaca berawan, sedangkan hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Palu, Kota Makassar, dan Gorontalo. Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di Kota Mamuju.

Di wilayah Indonesia Timur Kota Ambon, Kota Manokwari, dan kota Jayapura berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedangkan perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di Kota Ternate.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Sumatera bagian utara, Aceh, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Utara, di Samudra Hindia Barat Daya Banten, dari Kepulauan Bangka Belitung hingga Laut China Selatan, dari laut Jawa hingga Sumatera Selatan, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Barat hingga Laut China Selatan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan timur hingga Utara Kalimantan, dari Laut Banda hingga Selat Makassar, dari laut Sulawesi hingga laut Filipina, di Maluku Utara, di Maluku, dari Papua hingga Papua Barat, dan di Samudra Pasifik di utara Papua Barat.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: