BMKG : Waspadai Gelombang 4 Meter di Sebelah Utara Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud

Cahya Sumirat · Kamis, 01 Desember 2022 - 09:12:00 WITA
BMKG : Waspadai Gelombang 4 Meter di Sebelah Utara Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud
Gelombang sedang dan tinggi akan berlangsung hari ini dan besok. (Foto: Antara/Ilustrasi)

MANADO, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung mengeluarkan peringatan dini gelombang 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di sebelah utara perairan Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud. Gelombang tinggi tersebut akan berlangsung hari ini, Kamis (1/12/2022) hingga Jumat (2/12/2022).

"Terdapat daerah tekanan rendah di Samudra Pasifik Barat sebelah Utara Halmahera meningkatkan tinggi gelombang di wilayah perairan Sulawesi Utara," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Andi Cahyadi, Kamis (1/12/2022).

Andi Cahyadi menjelaskan pada umumnya arah angin bertiup dari Utara – Timur dengan kecepatan 6 – 25 knots. Kecepatan angin tertinggi berpeluang terjadi di Perairan Utara Kepulauan Sangihe -Talaud dan Laut Sulawesi bagian Timur.

Karena itu akan berpeluang terjadi gelombang sedang (1,25 – 2,5 M) di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian Utara, Sebelah Timur Perairan Kepulauan Sitaro dan Perairan Bitung-Likupang.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: