Cara Merawat Wiper Mobil agar Awet

Riyandy Aristyo ยท Senin, 20 April 2020 - 23:34 WIB
Cara Merawat Wiper Mobil agar Awet
Pemilik mobil harus memahami ada cara khusus merawat wiper agar tahan lama. (Foto: ilustrasi/Autoglassexpress)

JAKARTA, iNews.id - Merawat secara baik menjadi kunci agar kendaraan tetap nyaman, bandel, dan performanya bagus. Selain mesin, banyak bagian yang mesti diperhatikan, seperti wiper.

Perkembangan teknologi membuat wiper semakin canggih. Ini seperti keberadaan sensor automatic wiping atau wiper mobil yang bisa diaktifkan secara otomatis pada sejumlah mobil SUV.

Kepala bengkel Abadi Jaya Motor Jakarta, Syamsudin Suryadirga mengatakan, wiper itu bisa beroperasi secara otomatis jika turun hujan tanpa mengaktifkan sakelar manual.

"Walaupun otomatis, pengemudi tetap harus melakukan aktivasi sistem ini dengan memilih mode auto pada tuas pengatur wiper," kata Samsudin saat dihubungi iNews.id, Senin (20/4/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Udin ini menyarankan untuk selalu memperhatikan perawatan teknologi tersebut. Sebab, fitur ini tidak bisa bekerja sempurna jika tidak rajin dirawat seperti jarak pandang tidak jelas meski sudah diseka oleh wiper.

"Pastikan ganti karet wiper setelah mobil menempuh jarak 20.000 km atau dua tahun berjalan usia mobil sejak dibeli. Aturan ini biasanya dipakai buat mobil yang sering di parkir di area indor seperti garasi," kata Udin.

Selain itu, untuk menambah usia karet wiper, sebaiknya wiper diletakkan dengan cara digantung dan jangan ditempel di permukaan kaca. Apalagi saat mobil diparkir di area terbuka dan langsung terkena sinar matahari.

"Dengan menggantung wiper, karet tidak akan cepat getas meskipun sering terpapar panas dan hujan. Tak hanya wiper depan, wiper belakang juga diperlakukan sama," katanya.

Udin juga mengimbau kepada pemilik mobil untuk selalu mengganti air wiper dengan produk air wiper yang tidak meninggalkan kerak atau korosi pada kaca.

"Jika konsumen ingin menggunakan air wiper produk aftermarket, pilih yang tidak mudah meninggalkan kerak atau korosi di kaca. Terutama setelah air disemprot ke kaca. Kalau produk yang bagus akan hilang dengan sendirinya," kata Udin.


Editor : Zen Teguh