Catat! Ini 3 Syarat Warga Luar Daerah Masuk Kota Manado

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 15:33 WIB
Catat! Ini 3 Syarat Warga Luar Daerah Masuk Kota Manado
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Manado akan memberlakukan pembatasan akses keluar masuk per Jumat (29/5/2020). Ada syarat yang harus dipenuhi warga luar Kota Manado untuk bisa melintas di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tersebut.

"Jadi ada tiga syarat yang wajib dipenuhi siapa saja yang masuk Manado. Pertama menggunakan masker, kedua dicek kesehatan (suhu tubuh) dan terakhir penumpang mobil hanya boleh terisi setengah dari jumlah kapasitas penumpang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Manado Sanil Marentek, Kamis (27/5/2020).

Dia mengatakan, sebelumnya sempat ada keputusan untuk mewajibkan warga luar membawa surat keterangan sehat dari Puskesmas atau dokter, namun dengan berbagai pertimbangan ditunda dulu.

"Sesuai dengan hasil rapat kembali dengan wakil wali kota dan Forkopimda, diputuskan hanya akan melakukan tiga hal tersebut saja," katanya.

Sanil mengungkapkan, hasil keputusan lainnya akan menempatkan petugas khusus di pintu masuk. Petugas nantinya akan memeriksa suhu tubuh dan kelengkapan masker pengendara yang melintas di perbatasan.

"Karena hanya tiga syarat itu, maka gugus tugas mewajibkan semuanya wajib dipenuhi. Jika tidak, tak boleh masuk Manado," katanya.

Menurutnya, kebijakan ini nanti akan dievaluasi kembali. Sementara mengenai pemberlakukan waktu masuk Manado yang dimulai pukul 06.00 Wita sampai 19.00 Wita juga belum akan diberlakukan.

Di sisi lain, dia terus mengimbau seluruh warga mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19  dengan menerapkan pola hidup bersih, wajib menggunakan masker dan selalu mencuci tangan. Kemudian menjaga jarak dan jangan bersentuhan dengan orang lain.


Editor : Donald Karouw