Cuaca Ekstrem di Masa Pandemi Covid-19, Pemprov Sulut Minta Warga Waspada Bencana

Koran SINDO ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:08 WITA
Cuaca Ekstrem di Masa Pandemi Covid-19, Pemprov Sulut Minta Warga Waspada Bencana
Ilustrasi cuaca. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut mengingatkan stakeholder dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta mitigasi bencana.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw meminta warga tetap waspada dalam beraktivitas di tengah situasi pandemi Covid-19. Terutama dengan kondisi cuaca saat ini.

“Sesuai informasi BMKG, sampai beberapa hari ke depan Provinsi Sulut masih akan dilanda cuaca buruk seperti curah hujan tinggi. Ini mesti diwaspadai masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai dan di bawah perbukitan,” ujar Kandouw, Selasa (4/8/2020).
 
Dia mengajak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik provinsi dan kabupaten/kota untuk tetap stand by dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini.

“Harus siaga dan rutin memantau wilayah yang rentan terjadi banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” kata mantan Ketua DPRD Sumut tersebut.
 
Kandouw menyebut, Pemprov Sulut akan menyalurkan bantuan tahap dua untuk masyarakat yang menjadi korban banjir dan longsor di Kabupaten Bolmong dan Bolmong Selatan (Bolsel).

"Tahap pertama kami sudah salurkan. Dalam waktu dekat akan disalurkan lagi bantuan ke Bolmong dan Bolsel sesuai instruksi Gubernur Olly Dondokambey,” katanya

Dia menuturkan, di masa pandemi Covid-19 tentunya harus tetap menjadi tanda awas bagi semua elemen masyarakat, mengingat kasus positif Covid-19 di Sulut masih terus bertambah.
 
“Sekali lagi jangan mengabaikan protokol kesehatan. Mari kita saling menjaga satu dengan lainnya agar penyebaran virus ini dapat ditekan secara bersama,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw