DPRD Gorontalo Utara Harap Pencegahan Kebakaran Hutan Jadi Prioritas Pemerintah Daerah

Antara · Senin, 04 Juli 2022 - 16:53:00 WITA
DPRD Gorontalo Utara Harap Pencegahan Kebakaran Hutan Jadi Prioritas Pemerintah Daerah
Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran (ujung kiri) terkait upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Antara)

"Insiden kebakaran hutan di kawasan hutan tanaman industri ditambah sulitnya melakukan pemadaman api yang pernah terjadi di daerah ini, harus menjadi pengalaman berharga. Olehnya segala aktivitas yang dapat memicu kebakaran diharapkan dicegah," ujarnya.

Upaya pencegahan dan pengendalian pun harus serius dilakukan. Disamping meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait khususnya forum koordinasi pimpinan daerah.

DPRD juga berharap, program pemberdayaan melalui pemerintah desa khususnya di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan, diantaranya di Kecamatan Tomilito, Kwandang, Gentuma dan Sumalata Timur, dapat dilakukan melalui beragam pendekatan.

Termasuk penguatan kelembagaan dalam kegiatan pencegahan dan pengendalian. Sebab masyarakat juga perlu menjadi agen-agen yang akan mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Yaitu bersama-sama melakukan pengawasan untuk menjaga kelestarian hutan dengan mencegah menyalakan api atau membakar di sembarang tempat.

Editor : Cahya Sumirat

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: