Dukcapil Bone Bolango Uji Coba KTP Digital

Antara · Rabu, 27 Juli 2022 - 17:27:00 WITA
Dukcapil Bone Bolango Uji Coba KTP Digital
Sejumlah petugas melakukan pelayanan kependudukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (27/7/2022). (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi melakukan uji coba penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. KTP digital tersebut diberlakukan untuk masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

"Saat ini masyarakat sudah bisa mengakses maupun menggunakan KTP digital," kata Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman di Gorontalo, Rabu (27/7/2022).

Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu dari 58 daerah di Indonesia yang mulai melakukan uji coba dan menerapkan KTP digital. Namun untuk menggunakan fasilitas KTP digital ini warga wajib memiliki ponsel berbasis android dan akses internet, untuk melakukan validasi data.

Oktavianus mengungkapkan, langkah pertama yang harus dilakukan setelah memiliki sarana dan prasarana penunjang adalah mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore.

Selanjutnya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, nomor telepon. Setelah itu melakukan swafoto dan registrasi. Kemudian, minta QR Code yang ada di Disdukcapil untuk disinkronkan.

"Nanti ada email aktivasi dan nomor PIN yang digunakan untuk login ke aplikasi identitas kependudukan digital. Setelah data kependudukan kita akan ditampilkan, bahkan sertifikat vaksinasi Covid-19, NPWP, tanda tangan elektronik, jumlah kendaraan yang kita miliki, dan berbagai data penunjang lainnya akan ditampilkan," ucap dia.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: