Gandeng BNN, Disnakertrans Terbitkan AK1 di Gorontalo Utara Melewati Skrinning Narkoba 

Antara · Senin, 07 Juni 2021 - 17:19:00 WITA
Gandeng BNN, Disnakertrans Terbitkan AK1 di Gorontalo Utara Melewati Skrinning Narkoba 
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gorontalo Utara, Ahmad Dainalowa (ujung kiri). (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gorontalo Utara menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam penerbitan AK1 (kartu kuning).  Penerbitan AK1 atau kartu antarkerja, berisikan data, nomor kartu identitas dan legalisir akan melewati skrining narkoba.

"Kami mencetuskannya bekerja sama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) kabupaten untuk menerapkannya sebagai dukungan terhadap gerakan antinarkoba di daerah ini," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Produktivitas (Penta Lattas) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gorontalo Utara, Ahmad Dainalowa, di Gorontalo, Minggu (6/6/2021).

Ia mengatakan, diharapkan seluruh pencari kerja maupun pekerja di daerah ini tidak dimasuki narkoba.

Hal ini pun perlu mendapat perhatian serius bagi instansi pemerintah maupun lembaga termasuk dunia usaha, serta perusahaan-perusahaan swasta dalam melakukan rekrutmen tenaga kerja.

"Calon pekerja harus dipastikan bebas narkoba sebagai upaya bersama memberantas narkoba. Kita bersatu menghalau masuk dan beredarnya narkoba ke daerah ini," katanya.

Dalam menerbitkan aturan, pihaknya kata Ahmad menerapkan sebelum pencari kerja mendapatkan pelayanan penerbitan AK1 atau dikenal kartu kuning, harus melewati skrining.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2