Gubernur Gorontalo Panen-Tanam Barito di Desa Buhu

Antara · Jumat, 17 Maret 2023 - 16:30:00 WITA
Gubernur Gorontalo Panen-Tanam Barito di Desa Buhu
Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer panen cabai rawit (rica) dan tomat melalui ajakan menanam 'bawang rica tomat' (Barito) di Desa Buhu, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Jumat (17/3/2023). (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer panen cabai rawit (rica) dan tomat melalui ajakan menanam bawang rica tomat (Barito) di Desa Buhu, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. Panen di lahan perkebunan tersebut, merupakan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Gubernur Hamka didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Gorontalo, Dian Nugraha, menanam di lahan seluas 3 hektare, yang ditanami bawang merah, rica, tomat dan sorgum yang dibudidayakan oleh kelompok tani Angkasa Jaya, binaan BI Gorontalo.

Kelompok panen-tanam itu, menanam secara organik atau tanpa bahan pestisida sehingga kualitasnya terjaga dengan baik.

"Aksi tanam dan panen barito ini penting untuk digalakkan kepada seluruh masyarakat," ucapnya. 

Pemerintah provinsi sejak tahun 2022, meluncurkan program 'Gerakan Masyarakat Batanam Rica Sandiri' (Germas Batari) untuk merangsang minat tanam rica.

Lebih dari itu, Batari diharapkan bisa menekan inflasi. "Kita menyarankan setiap masyarakat, instansi pemerintah, perguruan tinggi untuk menanam rica. Jangan sampai inflasi terkontrol, kita malah berhenti menanam. Permintaan rica Gorontalo ini sangat tinggi sekali. Disamping untuk dijual juga harus ada persediaan konsumsi sendiri," kata Hamka.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel:


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.