Imbas Cuaca Ekstrem, 27.212 Pelanggan Listrik di Manado Terdampak

Antara · Rabu, 06 April 2022 - 14:08:00 WITA
Imbas Cuaca Ekstrem, 27.212 Pelanggan Listrik di Manado Terdampak
Petugas PLN selalu siap memastikan keandalan jaringan listrik selama Ramadhan, di Manado, Selasa (5/5/2022). (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Imbas cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) berdampak pada pasokan listrik. Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado menemukan total 457 gardu distribusi terdampak meliputi 27.212 pelanggan.

"Akhir-akhir ini cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang melanda sejumlah lokasi di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo," kata GM PLN Suluttenggo Leo Basuki di Manafo, Selasa (5/4/2022).

Leo mengatakan hal ini pun secara langsung berimbas pada beberapa jaringan PLN sehingga menyebabkan terhentinya pasokan listrik.

Wilayah yang cukup terdampak meliputi sebagian Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Tomohon, dan Kota Bitung.

Kemudian Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara dengan temuan pohon tumbang, jaringan roboh dan putus.

Beberapa daerah pun terdampak dengan berfungsinya sistem proteksi yang diakibatkan sentuhan benda asing pada jaringan listrik.

Menurut infografis dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo, sejumlah 169 gardu distribusi meliputi 17.934 pelanggan terdampak, sedangkan data yang masuk dari UP3 Manado ditemukan total 457 gardu distribusi terdampak meliputi 27.212 pelanggan.

Petugas PLN yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) bergerak cepat menindaklanjuti berbagai gangguan yang timbul dengan tetap menerapkan SOP (standard operation procedure) dan mengutamakan keselamatan kerja dalam melakukan perbaikan.

Leo menjelaskan petugas PLN sudah dipersiapkan untuk menghadapi berbagai situasi darurat untuk melakukan perbaikan dan penormalan listrik dalam situasi tertentu dengan mengutamakan keselamatan.

“Tentunya kami berkomitmen memberikan pelayanan penuh kepada seluruh pelanggan kami dengan tetap memperhatikan keselamatan kerja setiap petugas PLN. Seluruh petugas tanggap darurat PLN diterjunkan ke lapangan untuk secepatnya melakukan perbaikan pada jaringan yang terdampak agar listrik bisa segera pulih," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: