Jaga Kesehatan Pascalebaran, Yuk Lakukan Cara Ini

kevi laras · Selasa, 10 Mei 2022 - 19:39:00 WITA
Jaga Kesehatan Pascalebaran, Yuk Lakukan Cara Ini
Ilustrasi tips menjaga kesehatan pascalebaran. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Beragam menu nikmat biasanya tersedia saat Lebaran. Menu saat lebaran yang kebanyakan bersantan dan berlemak patut diwaspadai agar tubuh tetap sehat pascalearan.

Diketahui, menyantap Opor Ayam, Rendang, Soto berlebihan pastinya bisa memicu berbagai penyakit. Demi mencegah timbulnya penyakit, cobalah mengganti menu harian Anda pascalebaran menjadi lebih sehat. 
 
Dirangkum dari berbagai sumber Selasa (10/5/2022), berikut tips menjaga kesehatan pasca lebaran:

1. Konsumsi Sayur dan Buah
Melansir dalam website Kementerian Kesehatan, mengonsumsi sayur dan buah dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan pasca lebaran. Namun tidak disarankan untuk makan secara berlebihan. Mengonsumsi buah dan sayur menjadi kunci utama untuk mengontrol kolesterol dan gula darah, khususnya pascalebaran. 

"Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran untuk mencegah kenaikan kolesterol dan gula darah," ujar dr Yohan kepada wartawan belum lama ini.  

2. Minum Air Putih 
Tips menjaga kesehatan pasca lebaran yakni memenuhi cairan dalam tubuh. Perbanyak minum air putih guna menjaga gula darah tetap stabil. "Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan pusing, gangguan mood bahkan dalam jangka panjang bisa terjadi infeksi saluran kemih ataupun batu ginjal. Cukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 30-35 ml/kgbb/hari," kata dr Yohan.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: