Jatuh dari Kapal, Nelayan Ini Ditemukan di Dasar Laut dari Petunjuk Tim Doa

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 10:04 WIB
Jatuh dari Kapal, Nelayan Ini Ditemukan di Dasar Laut dari Petunjuk Tim Doa
Evakuasi jenazah Febrian Panggulu di Pulau Tagulandang, Kabupaten Sitaro. (Foto: Antara)

SITARO, iNews.id - Febrian Panggulu (47) dievakuasi penyelam dalam kondisi tewas di dasar laut daerah pesisir Pantai Pulau Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Nelayan asal Lembeh Selatan, Kota Bitung ini terjatuh dari kapal saat bersiap melaut, Rabu (20/5/2020) dini hari.

Dan Posal Tagulandang Sertu Saa Yales W Saputra mengatakan, petugas yang menerima laporan korban hilang langsung menuju lokasi dan melakukan pencarian pukul 07.00 Wita. Selanjutnya tim SAR menyelam di sekitar Pajeko KM Imanuel Jay (nama kapal ikan tempat korban bekerja) dengan jarak kurang lebih 100 meter dari tempat korban jatuh.

Setelah satu jam menyelam atau pukul 08.00 wita, seorang penyelam bernama Darius Daeng menemukan keberadaan korban pada titik koordinat 220’25” U 12522’54”, tepat di dasar laut atau bagian bawah kapal pajeko tersebut.

Selanjutnya korban diangkut ke perahu karet dan dibawa menuju Pesisir Pantai Bahoi untuk diserahkan kepada Tim Medis RSUD Tagulandang.

"Setelah tiba di Pesisir Pantai Bahoi selanjutnya korban dievakuasi anggota polsek dan Koramil Tagulandang untuk dibawa ke RSUD Tagulandang," kata Yales.

Ketika disinggung soal penentuan titik lokasi penyelaman yang benar-benar tepat dengan posisi korban, Yales Saputra mengatakan mereka hanya menindaklanjuti permintaan keluarga korban, yakni mencoba menyelam di bawah perahu pajeko tersebut.

"Keluarga korban sempat menghubungi tim doa di Kota Manado. Dan oleh tim doa tersebut direkomendasikan titik penyelaman itu. Nah sebagai orang beriman tentu kami wajib menindaklanjutinya. Hasilnya syukur alhamdulilah, korban berhasil ditemukan," ujarnya.


Editor : Donald Karouw