Jelang Idul Adha, Harga Barito di Sulut Mulai Turun

Subhan Sabu · Jumat, 08 Juli 2022 - 14:35:00 WITA
Jelang Idul Adha, Harga Barito di Sulut Mulai Turun
Beberapa harga komoditas pertanian seperti tomat di Sulut mengalami penurunan.(Foto: MPI/Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id - Perkembangan harga tiga komoditas seperti bawang, rica (cabai rawit) dan tomat atau dikenal dengan barito akhir-akhir ini mulai mengalami penurunan. Sebelumnya tiga komoditas tersebut harganya mengalami peningkatan.

Pada minggu pertama Juli 2022, cabai rawit tercatat turun dari Rp82.150 pada minggu ke-4 Juni 2022 menjadi Rp71.350. Sama halnya dengan bawang merah yang tercatat turun dari Rp 73.150 di minggu ke-4 menjadi Rp71 .750 di minggu ke-l Juli 2022.

Kepala Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan lebih khusus di Kota Manado, rata-rata harian komoditas barito juga telah menunjukkan tren penurunan. 

"Sebagai salah satu kesepakatan pertemuan TPID pada tanggal 29 Juni 2022 dan persiapan menjelang HBKN Idul Adha, TPID Sulut turun ke pasar utama di Kota Manado untuk memantau kondisi dan kendala di lapangan secara langsung," kata Arbonas, Jumat (8/7/2022).

Hal itu kata dia dilakukan sebagai pertimbangan apabila diperlukan respons lebih lanjut dari TPID untuk melakukan intervensi distribusi dan pasokan dari luar daerah.

Lebih lanjut kata Arbonas, sebagai komoditas yang masuk dalam kategori volatile food (pangan bergejolak), pergerakan harga bawang merah, cabai dan tomat memang terjadi secara natural, baik karena faktor musiman, meningkatnya permintaan menjelang HBKN, permasalahan yang tidak terduga (bencana) dan permasalahan lain yang terjadi pada masing-masing daerah.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: