Jelang Nataru, Tim Gabungan Perketat Pemeriksaan Penumpang Kapal di Pelabuhan Bitung

Cahya Sumirat · Minggu, 20 Desember 2020 - 11:30:00 WITA
Jelang Nataru, Tim Gabungan Perketat Pemeriksaan Penumpang Kapal di Pelabuhan Bitung
Aktivitas embarkasi dan debarkasi penumpang KM Sinabung tujuan Baubau-Surabaya.(Foto: Istimewa) 

MANADO, iNews.id – Jelang Natal dan Tahun Baru, tim gabungan memperketat pemeriksaan para penumpang di Pelabuhan Bitung. Tim Gabungan terdiri dari Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, TNI, PT Pelni, PT Pelindo IV, Dinas Karantina Kesehatan Pelabuhan, serta Dinas Karantina Tumbuhan.

Kapolsek KPS Bitung AKP Herman Pamuli menjelaskan tujuan pemeriksaan ketat salah satunya untuk  mencegah penyebaran Covid-19.  Ini terlihat sejak Jum’at (18/12/2020) malam, saat embarkasi dan debarkasi penumpang KM Sinabung tujuan Baubau-Surabaya. 

Apalagi saat itu jumlah penumpang turun 969 orang, penumpang naik 222 orang, dan penumpang lanjutan 548 orang.

“Pemeriksaan penumpang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan SOP yang berlaku di Pelabuhan Samudera Bitung,”ujarnya, Minggu (20/12/2020).

Di antaranya, penumpang yang tiba di Pelabuhan Samudera Bitung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Bagi penumpang yang akan berangkat, memasuki ruang tunggu untuk dilakukan pemeriksaan surat kelengkapan kesehatan dan pendataan, juga pengukuran suhu tubuh.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: