Jembatan Kosio Ambles, Jalan Penghubung Bolmong dan Bolsel Putus

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 18:09 WIB
Jembatan Kosio Ambles, Jalan Penghubung Bolmong dan Bolsel Putus
Jembatan Kosio di Jalan AKD, Kecamatan Dumoga Tengah ambles. Jalan ini merupakan penghubung Bolmong dan Bolsel. (Foto: iNews/Risnan Labenjang)

MANADO, iNews.id - Jembatan Kosio di Jalan AKD, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ambles, Sabtu (25/7/2020). Akibatnya, jalan penghubung antara Bolmong dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) putus total.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bolmong Abdul Muin Paputungan mengatakan, jalan utama kedua kabupaten tersebut tak bisa dilalui akinbat amblesnya oprit jembatan. Warga yang ingin melakukan perjalanan harus menempuh waktu cukup lama melalui jalur alternatif di ruas Jalan Matali Baru–Torosik.

"Upaya yang kami lakukan, BPBD Bolmong sudah berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Sulut untuk tindak lanjut penanganan,” ujarnya, Sabtu (25/7/2020).

Kendati demikian, dia meminta warga berhati-hati saat melintasi jalan alternatif mengingat wilayah Dumoga saat ini mulai dikepung banjir.

“Untuk jalur alternatif ruas Jalan Matali Baru-Torosik perlu ekstra waspada karena jalan ini rawan terjadi longsor, tepatnya pada kilometer 8 sampai 22,” kata Muin.

Menurutnya, BPBD Bolmong saat ini terus memantau semua akses jalan yang menghubungkan antardaerah. Begitu pula saat ini, Balai Jalan bersama dengan tim BPBD Bolmong sudah berada di TKP jembatan ambles untuk tindak lanjut penanganan kerusakan.


Editor : Donald Karouw