Juru Masak Indonesia Didatangkan untuk Layani Katering Jemaah Haji di Madinah

Widya Michella, Dani Adil · Senin, 23 Mei 2022 - 11:28:00 WITA
Juru Masak Indonesia Didatangkan untuk Layani Katering Jemaah Haji di Madinah
Menag Yaqut tinjau katering di Madinah (dok. Kemenag)

“Alhamdulillah, layanan kesehatan di KKHI juga sudah siap, baik dari sisi tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya, maupun fasilitas layanan kesehatan, peralatan, dan obat-obatan,” tutur Yaqut.

KKHI di Madinah dilengkapi dengan Unit Gawat Darurat (UGD), High Care Unit (HCU), Intensive Care Unit (ICU), rawat inap, serta sarana penunjang lain misalnya laboratorium, radioaktif, dan USG. Tenaga medis yang akan melayani jamaah antara lain terdiri atas dokter umum, dokter gigi, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis jantung, spesialis saraf, spesialis anestesi, spesialis THT dan spesialis kesehatan jiwa.

KKHI juga didukung dengan tenaga kesehatan lainnya seperti tenaga gizi, analis kesehatan, rekam medik, petugas radiologi, surveilans, sanitarian, elektromedik, apoteker, tenaga kefarmasian dan tenaga administrasi. Untuk menunjang kecepatan layanan, KKHI tahun ini juga menyiapkan 6 mobil ambulans.

Lalu kepada jemaah haji Indonesia, Menag berpesan untuk disiplin menjaga kondisi fisik. Salah satunya dengan memperbanyak minum serta makan yang cukup.

Menurut prakiraan Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi, musim haji tahun ini berlangsung dalam cuaca yang sangat panas. Suhu di Mekah dan Madinah diperkirakan bisa mencapai 49 derajat celcius pada siang hari.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: