Juru Masak Indonesia Didatangkan untuk Layani Katering Jemaah Haji di Madinah

Widya Michella, Dani Adil · Senin, 23 Mei 2022 - 11:28:00 WITA
Juru Masak Indonesia Didatangkan untuk Layani Katering Jemaah Haji di Madinah
Menag Yaqut tinjau katering di Madinah (dok. Kemenag)

MADINAH, iNews.id - Layanan katering untuk jemaah haji Indonesia di Madinah telah disiapkan baik-baik. Bahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan setiap dapur katering di Madinah memiliki juru masak dan bahan baku dari Indonesia.

“Saya memastikan setiap dapur katering ada juru masak yang berasal dari Indonesia. Ada juga bahan baku yang diimpor langsung dari Indonesia,” kata Menag, Minggu (22/5/2022) waktu setempat.

Peninjauan tersebut dilakukan Menag dan tim untuk memastikan dapur dalam keadaan bersih. Proses memasak juga menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar kesehatan, termasuk ruang penyimpanan dan bahan yang digunakan.

“Saya juga memastikan kemampuan dapur dalam menyiapkan makanan sebanyak paket dalam kontrak. Serta memastikan skema distribusi dan alat angkut yang akan dipakai,” kata Yaqut.

Yaqut mengatakan setidaknya ada 13 perusahaan di Madinah yang dikontrak untuk memberikan pelayanan katering kepada jemaah haji Indonesia. Nantinya jemaah Indonesia akan mendapatkan layanan konsumsi paling banyak 27 kali dalam rentang 9 hari, saat jemaah menjalani ibadah Arbain (salat berjemaah di Masjid Nabawi dalam 40 waktu).

Selain dapur katering, Menag juga turut meninjau kesiapan Layanan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. KKHI terakhir digunakan pada musim haji tahun 2019 dan sekarang sudah diaktifkan lagi dengan memperbaiki beberapa fasilitas yang ada. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: