Kadin dan Kominfo Gorontalo Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Antara ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 17:04:00 WITA
Kadin dan Kominfo Gorontalo Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo Masran Rauf. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong segera memanfaatkan teknologi digital. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Gorontalo dalam mendorong UMKM melek digital.

Rencana kerjasama ini dibahas dalam pertemuan Ketua Kadin Provinsi Gorontalo Muhalim Litti dengan Kepala Dinas Kominfo Masran Rauf di Kota Gorontalo, Kamis.

“Pertemuan hari ini dalam rangka mensinergikan program. Akan ada program Kominfo yang akan kami sinergikan dengan Kadin dan  ditindaklanjuti secepatnya,” Ketua Kadin Gorontalo Muhalim Litti, Kamis (16/6/2022).

Muhalim mengatakan rencana kerja sama itu akan fokus pada peningkatan kapasitas UMKM Gorontalo, dengan memanfaatkan pesatnya teknologi digital saat ini.

Menurutnya tingkat literasi digital yang rendah, menjadi salah satu kendala yang dihadapi dalam upaya digitalisasi UMKM.

“Kenapa berkolaborasi dengan Kominfo? Karena kami minta tolong didukung dari sisi digitalnya. Kadin punya program untuk UMKM digital, sedangkan Kominfo punya program Gorontalo Digital, ini nyambung,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Masran Rauf menyambut baik rencana kerjasama tersebut, karena menilai Kadin dapat menjadi mitra yang tepat dalam mendorong kemajuan UMKM di daerah.

“Beberapa program dari Kementerian Kominfo mendukung kerjasama ini, contohnya leveling digital talen. Kami juga baru saja meluncurkan Gorontalo Digital. Peluang-peluang ini dapat dikolaborasikan ke depan,” kata Masran.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: