Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa Dimutasi, Netizen: Pertahankan Timsus Maleo

Arther Loupatty · Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:41:00 WITA
Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa Dimutasi, Netizen: Pertahankan Timsus Maleo
Kapolda Sulut Irjen Pol pimpin upacara kenaikan pangkat di Pantai Malalayang beberapa waktu lalu. (Foto : iNews.id/Arther)

JAKARTA, iNews.id – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Royke Lumowa dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Tak lama dia akan melepas jabatan dan digantikan Irjen Pol RZ Panca Putra S. Kapolda Sulut yang baru ini sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

Mutasi Polri ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/2247/VIII/KEP/2020 berisi mutasi 92 perwira tinggi dan perwira menengah Polri. Surat telegram itu ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 3 Agustus 2020.

Warga Sulut menanggapi beragam mutasi tersebut. Mereka merasa sulit ditinggalkan sosok pemimpin yang merupakan putra daerah dan dekat dengan masyarakat. Apalagi Irjen Pol Royke Lumowa belum lama menjabat.

Salah satu gebrakan Irjen Pol Royke Lumowa yakni dengan membentuk tim khusus Maleo. Nama Maleo diambil dari salah satu burung khas yang ada di Sulut. Tim ini dibentuk Polda Sulut untuk menumpas kejahatan jalanan dan gangguan kamtibmas.

Kendati baru dibentuk awal 2020, sederet kasus kejahatan telah diungkap. Timsus Maleo kini menjadi momok melawan tindak kejahatan untuk menciptakan rasa aman masyarakat Sulut sekaligus kebanggan netizen.

"Maleo selalu di hati. Pertahankan," tulis Yesi Samel, anggota grup Maleo Polda Sulut di media sosial, Selasa (4/8/2020).

Kekhatiran warga bukan tak beralasan, sebab dahulu ada beberapa timsus yang dibentuk melawan kejahatan namun menghilang setelah pucuk pimpinan diganti. Sebut saja tim manguni dengan sepak terjangnya mengungkap berbagai kasus kejahatan, lalu tim Baracuda.

"Tim Maleo plusnya Polda Sulut. Masyarakat bangga akan tim Maleo," kata Antonio Wong.

"Pak Kapolda pindah ke Mabes semoga bisa jadi Kapolri amin. Dan tim Maleo tetap eksis jaga Sulut," tulis M Asyraf.  

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: