Kasus Harian Covid-19 dan Kematian Rendah, IDI Yakin Indonesia Masuk Fase Endemi

Antara · Rabu, 08 Juni 2022 - 14:34:00 WITA
Kasus Harian Covid-19 dan Kematian Rendah, IDI Yakin Indonesia Masuk Fase Endemi
Ilustrasi Covid -19 (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Selama dua tahun lebih masyarakat Indonesia akrab dengan kata pandemi. Saat ini mulai akrab juga dengan istilah transisi serta endemi.

Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban meyakini situasi Covid-19 di Indonesia saat ini memasuki fase endemi. Hal itu berdasarkan sejumlah indikator epidemiologi yang telah membaik.

"Apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi? Saya akan jawab iya. Kenapa? Karena positivity rate-nya stabil di bawah tiga persen. Keterisian tempat tidur rumah sakit dan angka kematian juga rendah sekali," kata Zubairi Djoerban, yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/6/2022). 

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi (kanker) itu menambahkan situasi Covid-19 saat ini memicu tanggapan beragam masyarakat, apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi, masih transisi, atau sudah endemi?

Menjawab pertanyaan itu, Zubairi melaporkan angka kasus harian Covid-19 di Tanah Air yang saat ini dalam kondisi sangat baik.

"Saat ini, memasuki bulan Juni, angka kasus di Indonesia selalu di bawah 400. Ini bagus sekali. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang telah menyatakan endemi, namun kasusnya masih 70.000 kasus per hari," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: