Kemenag Pastikan Kartu Nikah dengan 4 Kolom Istri Hoaks

Widya Michella Nur Syahid · Selasa, 07 Juni 2022 - 10:48:00 WITA
Kemenag Pastikan Kartu Nikah dengan 4 Kolom Istri Hoaks
Viral kartu nikah hoaks dengan 4 kolom istri (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag, Akhmad Fauzin menegaskan kartu yang menampilkan format foto suami berjas dan mengenakan peci hitam di halaman depan bukanlah format resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Format tersebut tidak benar alias hoaks

“Kartu dengan foto suami dan empat kolom foto istri itu hoaks, bukan kartu resmi yang diterbitkan Kementerian Agama,” kata Akhmad Fauzin dalam keterangannya di Jakarta Selasa (7/6/2022).

Dia menyampaikan Kemenag sejak Agustus 2021 memang sudah tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Pasangan pengantin yang menikah sejak bulan itu kini telah mendapatkan kartu nikah digital.

“Kartu Nikah Digital terbitan Kemenag menampilkan foto pasangan suami dan istri pada halaman depan, disertai keterangan nama suami, nama istri, serta tanggal akad nikah,” ujar Fauzin.

Fauzin mengatakan pada bagian atas kartu tertulis lengkap nama Kementerian Agama Republik Indonesia yang diapit gambar Garuda dan Logo Kementerian Agama.

Sementara pada bagian bawah, tercantum keterangan KUA tempat menikah, nomor akta, serta barcode yang akan terhubung dengan data server Bimas Islam. 

"Data lengkap pasangan pengantin ini bisa dibaca melalui scan barcode,” tutur dia.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: