Kemenperin Dukung Peningkatan Daya Saing Pelaku IKM Gorontalo

Antara · Senin, 06 Juni 2022 - 16:17:00 WITA
Kemenperin Dukung Peningkatan Daya Saing Pelaku IKM Gorontalo
Sejumlah peserta mengikuti pembukaan bimbingan teknis yang digelar oleh Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (LMA), Kementerian Perindustrian bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo di Kota G

GORONTALO, iNews.id - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka mendukung peningkatan daya saing IKM motor modifikasi becak motor di Gorontalo. Dukungan dilakukan melalui penguatan kompetensi SDM di bidang pengelasan.

Hal tersebut dilakukan melalui pelaksanaan bimbingan teknis bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, yakni SDM IKM mendapatkan pembekalan teori pengelasan, dan melakukan praktik pengelasan yang sesuai dengan standar yang ada.

Direktur Industri Kecil, Menengah dan Aneka (LMA), Dini Hanggandari di Gorontalo mengatakan Ditjen IKMA juga memberi perhatian terhadap pentingnya perizinan usaha bagi IKM.

Karena izin usaha merupakan pengakuan yang sah secara hukum, menjadi kelengkapan dokumen untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan dan juga fasilitas pembinaan dari Pemerintah.

"Kami juga terus melakukan koordinasi dan sinergi pembinaan dengan berbagai pihak, pemerintah daerah, asosiasi, akademisi, dan pelaku usaha) dalam mewujudkan program pembinaan yang terarah, berkelanjutan dan tepat sasaran bagi IKM," ucapnya, Senin (6/6/2022).

Ia mengungkapkan, aktivitas masyarakat yang kini berangsur pulih akibat pandemi Covid-19 dapat menggerakkan kembali aktivitas produksi salah satu angkutan umum yang menjadi ciri khas Gorontalo, yaitu bentor.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: