KPU Bolsel Jamin 719 Petugas Pilkada 2020 Bebas Virus Corona

Risnan Labenjang ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 20:11 WITA
KPU Bolsel Jamin 719 Petugas Pilkada 2020 Bebas Virus Corona
KPU Bolsel melaksanakan rapid test kepada 719 anggota petugas dan hasilnya seluruhnya nonreaktif Covid-19 (Foto : iNews.id/Risnan)

MANADO, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah selesai melaksanakan rapid test kepada 719 anggota petugas. Hasilnya seluruh petugas Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) itu nonreaktif Covid-19.

Pemeriksaan rapid test atau uji cepat yang dilakukan selama lima hari itu digelar oleh kantor KPU Bolsel.“Hasil rapid test dua kali, dari 719 petugas, nonreaktif,” ujar Ketua KPU Bolsel Stenly Eskolano Kakunsi, Kamis (16/7/2020).

Pemeriksaan rapid test itu kata Stenly, untuk memastikan kesehatan para petugas yang akan bertugas nanti. Saat ini tahapan sudah masuk pada tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan serentak menuju pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2020, pada 9 Desember mendatang.

“Karena KPU sebagai penyelenggara ingin memastikan semua petugas bebas dari virus Corona. Makanya deteksi melalui rapid test dilakukan,” katanya.

Semua petugas yang akan turun lapangan tetap menggunakan APD. Seperti masker, face shield atau pelindung wajah, tisu kering, sarung tangan plastik. "Walaupun sudah di-rapid test tapi harus ukur suhu tubuhnya dulu sebelum turun lapangan,”ujarnya.


Editor : Arther Loupaty