Listyo Sigit Mulus Jadi Kapolri, Kabareskrim Diisi Siapa? 

Irfan Ma'ruf · Rabu, 20 Januari 2021 - 21:03:00 WITA
Listyo Sigit Mulus Jadi Kapolri, Kabareskrim Diisi Siapa? 
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). (Foto: Okezone). 

JAKARTA, iNews.id – Tak ada hambatan, calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit dengan mudah melewati uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR. Sembilan fraksi aklamasi menyetujui lulusan Akademi Kepolisian 1991 ini sebagai kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis

Dengan keputusan ini, Komis III selanjutnya menyerahkan kepada pimpinan DPR. Berdasarkan mekanisme internal, pimpinan akan menyerahkan ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk dirapatkan dan selanjutnya disahkan dalam rapat paripurna.  

"Berdasarkan pertimbangan, pandangan dan catatan-catatan yang disampaikan fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota Komisi III DPR secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021). 

Sigit diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal kapolri kepada DPR. Polisi kelahiran Ambon, Maluku itu akan menggantikan Idham Azis yang memasuki masa purnatugas. 

Mengawali karier sebagai perwira samapta (pamapta) di Polrestro Tangerang, karier Sigit setapak demi setapak melangkah ke jejang lebih tinggi. Dalam perjalanannya, kariernya sangat cemerlang. 

Mantan Kapolres Solo itu dipercaya menjabat posisi penting sebagai ajudan Presiden Jokowi periode 2014-2016. Dari Istana, dia dipromosikan sebagai Kapolda Banten. Sigit pun pecah bintang ketika itu. 

Tak lama dia ditarik ke Mabes Polri dengan dipromosikan sebagai Kadiv Propam pada Agustus 2018. Jabatan ini membawanya ke pangkat bintang dua. Hanya berselang setahun, Sigit makin moncer dengan dipercaya sebagai kabareskrim, persisnya pada 5 Desember 2019. 

Menariknya, ketika itu Sigit menggantikan Komjen Pol Idham Azis yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon kapolri.  Praktis Sigit menjadi orang pertama dari angkatannya yang menembus bintang tiga alias komjen. Jabatan itu disandangnya hingga kini.  

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: