Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki 5 Kompetensi, Ini Pesan Presiden Jokowi

Dita Angga · Selasa, 15 Juni 2021 - 16:07:00 WITA
Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki 5 Kompetensi, Ini Pesan Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo menyampaikan lulusan perguruan tinggi harus memiliki kompetensi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Lulusan perguruan tinggi di masa mendatang harus memiliki beberapa kompetensi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan ada lima kompetensi yang harus dimiliki lulusan perguruan tinggi.

Pertama, lulusan perguruan tinggi harus memiliki dedikasi untuk memajukan bangsa.

“Yang pertama lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemajuan bangsa, juga untuk kemanusiaan, juga untuk toleransi dalam kebhinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar,” katanya dalam Festival Kampus Merdeka, Selasa (15/6/2021).

Kedua, Jokowi menyebut bahwa lulusan perguruan tinggi Indonesia harus memiliki karakter dan skill pembelajar yang kuat. Salah satunya dengan selalu memperbaharui pengetahuan dan mempelajari hal-hal haru.

“Karena hal ini sangat penting karena masa depan itu akan penuh dengan disrupsi, akan penuh dengan perubahan-perubahan yang besar.  Kita tahu ini arus perubahan cepat sekali. Bahkan penuh dengan kompetisi. Tanpa belajar terus-menerus, ya lulusan kita kan akan tertinggal oleh perkembangan iptek, yang sekali lagi perkembangannya sangat pesat sekali,” ujarnya.

Ketiga, dia menyebut bahwa lulusan perguruan tinggi bukan hanya mempunyai kemampuan akademik. Namun juga memiliki kemampuan inovasi.

“Inovatif, kemampuan inovasi yang kuat. Dan juga mampu menjadi problem solver terhadap masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga karya yang memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, melalui Inovasi dan juga kewirausahaan,” ungkapnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2