Maleo Polda Sulut Tangkap Buser Pelaku Penggelapan Kendaraan, 15 Motor Disita

Arther Loupatty ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 15:37 WIB
Maleo Polda Sulut Tangkap Buser Pelaku Penggelapan Kendaraan, 15 Motor Disita
Barang bukti 15 motir hasil penggelapan pelaku kini diamankan di Polda Sulut. (Foto: iNews/Arther Loupatty)

MANADO, iNews.id - Tim khusus Maleo Polda Sulawesi Utara membongkar kasus penggelapan belasan kendaraan. Dalam pengungkapan, seorang pelaku diamankan dan 15 motor disita.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abast mengatakan, kronologi kasus bermula dari laporan warga atas penggelapan motor yang dilakukan pelaku berinisial RH alias Buser (38) warga Ternate Baru, Kota Manado. Tim yang menyelidiki kasus tersebut selama tiga bulan akhirnya mengetahui keberadaaan pelaku sedang dalam perjalanan dari Amurang, Minahasa Selatan menuju Manado pada Senin (27/7/2020).

"Tim menyergap pelaku di wilayah Tanawangko, Kabupaten Minahasa. Pelaku kemudian dibawa untuk kepentingan penyelidikan," ujar Abast saat ekspose di Mapolda Sulut, Kamis (30/7/2020).

Pengakuan pelaku, ada 15 motor yang sudah dia gelapkan dari berbagai TKP di Manado dan Tondano. Motor-motor tersebut kemudian dia jual ke daerah Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Tim kemudian bergerak mengamankan barang bukti penggelapan berupa 15 unit motor. Seluruh barang bukti ini hasil kejahatan pelaku selama Desember 2019 hingga Juli 2020. Untuk pendalaman, pelaku kini diserahkan ke Direktorat Reskrimum Polda Sulut.

"Korban dari pelaku ini sudah banyak. Modusnya dengan meminta korban untuk diantarkan ke suatu tempat. Saat di TKP, pelaku pura-pura meminjam motor dengan berbagai macam alasan untuk meyakinkan korban lalu membawanya kabur," katanya.

Menurutnya, rata-rata para korban yakni bekerja sebagai ojek online maupun pangkalan. Saat ini, 15 motor barang bukti kejahatan tersebut berada di halaman Mapolda Sulut. 


Editor : Donald Karouw