Mantap! Takmirul Masjid Gorontalo Dilatih Buat Pakan Ternak dari Sorgum

Antara ยท Minggu, 17 April 2022 - 18:34:00 WITA
Mantap! Takmirul Masjid Gorontalo Dilatih Buat Pakan Ternak dari Sorgum
Peneliti pertanian membawa pakan ternak Sorgum yang baru dicacah di Sipatana, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (16/4/2022). (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Takmirul Masjid di Sipatana, di Kota Gorontalo diberikan pelatihan pembuatan pakan ternak berbahan batang Sorgum. Pelatihan lakukan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Sustainable Regional Innovation for Reducing Poverty (SRIREP) dari Jepang dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo.

"Pelatihan tersebut dilakukan sebagai satu upaya peningkatan ekonomi bagi Takmirul Masjid di Sipatana, di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo," kata Direktur Kerja Sama dan Layanan Internasional UNG, Rernart Mohammad Yahya, Sabtu (16/4'2022).

Dia menjelaskan, melalui program itu, pihaknya ingin masyarakat dapat menanam Sorgum yang dapat dipanen berkali-kali dan memiliki banyak manfaat, baik untuk pangan manusia, pakan ternak hingga bahan baku industri.

"Kita melatih Takmirul Masjid karena mereka ingin mengetahui bagaimana Sorgum ini bisa untuk apa," ujarnya.

Menurutnya, pakan ternak berbahan Sorgum yang telah diolah atau melalui proses, selain untuk ternak sendiri, nantinya dapat dijual oleh peserta pelatihan.

"Kita ingin membiasakan masyarakat membuat silase, yang tadinya hanya memberi pakan segar kepada ternak, nantinya dapat memberikan pakan yang siap bagi sapi dan kambing," ucap dia.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: