Masih Ada Desa di Bolsel Tergenang Banjir, PLN Belum Nyalakan Listrik di Sejumlah Titik

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 11:45 WITA
Masih Ada Desa di Bolsel Tergenang Banjir, PLN Belum Nyalakan Listrik di Sejumlah Titik
Sejumlah permukiman di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) direndam banjir. (Foto: BNPB)

KOTAMOBAGU, iNews.id - PLN belum bisa menyalakan listrik di sejumlah wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) yang terdampak banjir. Ada 110 gardu yang sudah dipulihkan dari 147 yang padam.

Manajer UP3 Kotamobagu, Meyrina Turambi mengatakan, pasokan listrik memang belum sepenuhnya pulih. Sebab PLN fokus pada keselamatan masyarakat, mengingat di beberapa titik masih tergenang air.

"PLN melakukan penormalan di lokasi dengan memperhatikan keselamatan," kata Meyrina di Kotamobagu, Kabupaten Bolsel, Sulut, Jumat (7/8/2020).

Dia mengatakan, pengalihan tegangan ke lokasi banjir di wilayah yang terdampak banjir melihat kondisi rumah warga. Bila masih belum aman, atau tergenang banjir, tentunya belum layak dioperasikan.

Lokasi yang masih terdampak banjir hingga Kamis (6/8/2020) antara lain Desa Modisi, Iligon, Bunong, Dayou, Pidung, Posilagon, Pakuku, Milangodaa, Tolutu, Botuliudu, Motolohu, Pangia, Soputa, Sinandaka, Bakidaa, Transpatoa, Duminanga, Biniha, dan Dudepo.

"Tim PLN berusaha untuk melakukan pemulihan secepat mungkin di tengah tantangan cuaca ekstrim," ujarnya.

Menurutnya, pada awal banjir ada 147 gardu yang padam. Sebanyak 110 di antaranya sudah berhasil dipulihkan, serta 18 titik tiang listrik kembali beroperasi.

"Masih ada 38 tiang listrik yang terganggu," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal